Pelapisan Sosial Dan Kesamaan Derajat

I.   Pendahuluan

1.1   Latar Belakang Penulisan

Dalam masyarakat terdapat perbedaan individu atau kelompok yang menempatkan seseorang pada ukuran sosial yang berbeda-beda dan memberikan hak serta kewajiban yang berbeda-beda pula antara individu pada suatu lapisan sosial. Dari ukuran sosial yang berbeda-beda ini menimbulkan adanya tingkatan dalam kehidupan manusia dan dari tingkatan dapat menimbulkan pelapisan sosial. Pada dasarnya pelapisan sosial terbagi atas persamaan derajat yang dimiliki oleh suatu kelompok hingga membentuk lapisan sosial di masyarakat. Pelapisan sosial memiliki sifat positif di masyarakat, contohnya adalah stratifikasi sosial yang dibentuk untuk tujuan bersama. Akhir-akhir ini sering timbul pertikaian karena perbedaan-perbedaan kecil yang sedikit menyinggung masalah sosial dan juga kesamaan derajat.

1.2   Identifikasi Penulisan

Perumusan masalah itu merupakan suatu pernyataan atau cerita yang akan dicari jawabannya melalui pengamatan dari berbagai referensi yang ada. Berikut ini merupakan contoh dari penulisan :

  1. Apa itu Pelapisan Sosial
  2. Apa itu Kesamaan Derajat
  3. Apa itu Elit dan Masa

1.3   Tujuan Penulisan Ilmiah

  1. Membahasan tentang pelapisan sosial dan persamaan derajat.
  2. Mengetahui teori pelapisan sosial dan persamaan derajat.
  3. Mengetahui dasar-dasar pembentukan pelapisan sosial.
  4. Mengetahui tentang ciri-ciri dari elite dan massa.

II.   Teori

2.1   PENGERTIAN PELAPISAN SOSIAL

Pelapisan sosial adalah pembedaan atau pengelompokan para anggota masyarakat secara ukuran atau kelas atau kasta secara bertingkat. Perwujudan adanya kelas-kelas tinggi dan kelas-kelas yang lebih rendah di dalam masyarakat. Dalam pembagian hak dan kewajiban warga masyarakat ada segolongan orang yang mendapatkan pembagian lebih besar dan ada pula mendapatkan pembagian lebih kecil, sedangkan yang mendapatkan lebih besar mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi, yang mendapatkan lebih kecil menduduki pelapisan yang lebih rendah. Pelapisan mulai ada sejak manusia mengenal adanya kehidupan bersama atau organisasi sosial.

Teori-teori mengenai pelapisan sosial :

  1. Pitirim A. Sorokin bahwa pelapisan sosial merupakan pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat (hierarkis). Perwujudannya adalah adanya lapisan-lapisan di dalam masyarakat, ada lapisan yang tinggi dan ada lapisan-lapisan di bawahnya. Setiap lapisan tersebut disebut strata sosial.
  2. J. Bouman menggunakan istilah tingkatan atau dalam bahasa belanda disebut stand, yaitu golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hak istimewa tertentu dan menurut gengsi kemasyarakatan. Istilah stand juga dipakai oleh Max Weber.
  3. Aristoteles menyatakan bahwa di dalam setiap negara selalu terdapat tiga unsur yaitu mereka yang kaya sekali, mereka yang melarat dan mereka yang ada di tengah-tengah.
  4. Adam Smith membagi masyarakat ke dalam tiga kategori yaitu orang-orang yang hidup dari penyewaan tanah, orang-orang yang hidup dari upah kerja, dari keuntungan perdagangan.
  5. Thorstein Veblen membagi masyarakat ke dalam dua golongan yang pekerja, berjuang untuk mempertahankan hidup dan golongan yang banyak mempunyai waktu luang karena kekayaannya.

Dasar-dasar pembentukan pelapisan sosial

Ukuran dalam pembentukan pelapisan sosial pada masyarakat adalah sebagai berikut:

  1. Ukuran kekayaan : Kekayaan paling banyak ia akan termasuk lapisan teratas dalam sistem pelapisan sosial, demikian pula sebaliknya, yang tidak mempunyai kekayaan akan digolongkan ke dalam lapisan yang rendah. Kekayaan tersebut dapat dilihat dari tempat tinggal atau barang-barang tersier yang dimilikinya.
  2. Ukuran kekuasaan dan wewenang : Seseorang yang mempunyai kekuasaan atau wewenang paling besar akan menempati lapisan teratas dalam sistem pelapisan sosial dalam masyarakat yang bersangkutan.
  3. Ukuran kehormatan : Ukuran kehormatan dapat terlepas dari ukuran-ukuran kekayaan atau kekuasaan. Orang-orang yang disegani atau dihormati akan menempati lapisan atas dari sistem pelapisan sosial masyarakatnya.
  4. Ukuran ilmu pengetahuan : Seseorang yang paling menguasai ilmu pengetahuan akan menempati lapisan tinggi dalam sistem pelapisan sosial masyarakat yang bersangkutan. Penguasaan ilmu pengetahuan ini biasanya terdapat dalam gelar-gelar akademik (kesarjanaan), atau profesi.

Proses terjadinya pelapisan sosial

Pelapisan sosial terjadi dengan dua cara, yaitu :

  • Terjadi dengan sendirinya

Pada cara ini, pelapisan sosial terjadi secara alamiah atau tanpa kesengajaan. Hal ini akan membentuk pelapisan sosial yang bervariasi menurut tempat, waktu, dan kebudayaan. Kedudukan seseorang pada pelapisan sosial ini juga terjadi secara otomatis.

  • Terjadi dengan sengaja

Sistem pelapisan ini dengan sengaja ditujukan untuk mengejar tujuan bersama. Dalam sistem ini ditentukan secara jelas dan tegas adanya kewenangan dan kekuasaan yang diberikan kepada seseorang.

2.2   KESAMAAN DERAJAT

Hubungan antara manusia dan lingkungan masyarakat dimana setiap anggota masyarakat, mempunyai hak dan kewajiban, baik tehadap masyarakat maupun negara. Persamaan derajat adalah persamaan yang dimiliki oleh diri pribadi kepada diri orang lain ataupun masyarakat, biasanya persamaan derajat itu dapat dinyatakan dengan HAM (Hak Asasi Manusia) yang telah diatur dalam UUD 45 pasal 1, pasal 2 ayat 1, pasal 7 tentang persamaan hak.

  1. Persamaan Hak

Adanya kekuasaan negara dimana hak individu sebagai sesuatu yang mengganggu, karena dimana kekuasaan itu berkembang, dan berkuranglah batas yang dimiliki hak-hak pribadi yang dimiliki itu.

  1. Persamaan derajat di Indonesia

Persamaan derajat adalah persamaan nilai atau harga taraf  yang membedakan makhluk yang satu dengan makhluk yang lainnya.

  1. Pasal-Pasal Dalam UUD 1945 Tentang Persamaan Hak

Pasal 27 Berisi mengenai kewajiban dasar dan hak asasi yang dimiliki warga negara yaitu menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan, berisi mengenai hak setiap warga negara atas pekerjaan dan  penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Pasal 28 Ditetapkan bahwa kemerdekaan berserikat dan berkumpul, menyampaikan pikiran lisan dan tulisan. Pasal 29 Ayat 1 kebebasan memeluk agama bagi penduduk yang dijamin oleh negara. Pasal 31 Ayat 1 dan 2, yang mengatur hak asasi mengenai pengajaran.

2.3   ELIT DAN MASSA

Elite adalah golongan teratas atau menempati tingkat tertinggi sosial yang terpenting dan mepunyai keunggulan dalam pencapaian di bidang mereka, sedangkan massa adalah pengelompokan menyerupai keramaian yang berasal dari segala tingkatan sosial dan berbagai lapisan masyarakat. Elite dan massa masing-masing memiliki fungsi. Fungsi elite adalah sebagai pembedaan dari sekelompok orang atau masyarakat, sekelompok orang atau masyarakat itu sendiri mempunyai kelebihan atau pangkat yang lebih tinggi sehingga lebih mengenal dan dapat membedakannya dan fungsi massa adalah sebagai pencipta perdamaian antar sesama masyarakat, dimana mereka menjalin keharmonisan, keamanan, dan kenyamanan agar tercipta suasana yang seimbang dan tenteram.

III.   Analisis

  • Pelapisan sosial adalah perbedaan dalam masyarakat yang masuk ke dalam susunan ukuran,kelas, bertingkat atau seperti kasta.
  • Faktor-faktor yang membentuk Pelapisan Sosial adalah Kekayaan, Kekuasaan atau Kewenangan, Kehormatan, dan Ilmu Pengetahuan.
  • Sifat pelapisan sosial tertutup yaitu membatasi perpindahan lapisan sosial seseorang. Sedangkan pelapisan sosial tertutup yaitu seseorang berpindah lapisan sesuai kemampuan yang dimilikinya.
  • Kesamaan derajat adalah kesamaan diri sendiri kepada orang lain dan masyarakat, yang dinyatakan sebagai Hak Aasi Manusia.
  • Elite adalah golongan teratas atau menempati tingkat tertinggi sosial yang terpenting dan mepunyai keunggulan dalam pencapaian di bidang mereka.
  • Massa adalah pengelompokan menyerupai keramaian yang berasal dari segala tingkatan sosial dan berbagai lapisan masyarakat.

IV.   Referensi

https://abiand.wordpress.com/tugas/5-pelapisan-sosial-dan-kesamaan-derajat/

https://cahyamenethil.wordpress.com/2010/11/23/pelapisan-sosial-dan-kesamaan-derajat/

http://sheilla-s.blogspot.co.id/2014/11/makalah-ilmu-sosial-dasar.html

http://eritaku.tumblr.com/post/66345731034/assignment-ilmu-sosial-dasar-pelapisan-sosial

 

Leave a comment